Sistem Informasi (SI) – atau lanskap aplikasi -
adalah kombinasi dari teknologi informasi dan
aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan
manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering
digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan
teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak
hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan
komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara di mana orang
berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis.
Ada yang membuat perbedaan yang jelas antara sistem informasi, dan
komputer sistem TIK, dan proses bisnis. Sistem informasi yang berbeda dari
teknologi informasi dalam sistem informasi biasanya terlihat seperti memiliki
komponen TIK. Hal ini terutama berkaitan dengan tujuan pemanfaatan teknologi
informasi. Sistem informasi juga berbeda dari proses bisnis. Sistem informasi
membantu untuk mengontrol kinerja proses bisnis.
TERSENTRALISASI (TERPUSAT)
Salah satu di mana catatan untuk beberapa orang atau unit
yang terletak di salah satu lokasi pusat dan umumnya, di bawah kendali orang
staf catatan atau dalam kasus besar sistem pengarsipan terpusat, beberapa
orang:
KELEBIHAN
|
KEKURANGAN
|
-Pendekatan organisasi untuk pengolahan
data harus konsisten dengan pendekatan operasional keseluruhan.
-Tidak
ada perubahan harus diperkenalkan kecuali manfaat diproyeksikan transisi
keduanya besar dan beton.
-Tidak
ada struktur organisasi atau kebijakan akan bekerja kecuali
diterima oleh mayoritas orang yang terkena sebagai logis, memuaskan dan
bisa diterapkan.
-Tanggung
jawab dengan mudah ditempatkan
-Efektif
penggunaan peralatan, perlengkapan dan ruang.
-Semua
data terkait disimpan bersama-sama.
-Mengurangi
duplikasi.
-Uniform
layanan yang diberikan kepada semua pengguna.
-Peningkatan
keamanan...
|
-Kebingungan juga dimana informasi
dapat ditemukan, terutama jika anggota staf tidak hadir.
-Dapat menghasilkan
dokumentasi "terpecah" - informasi yang berkaitan dengan topik yang
sama atau subjek diajukan di banyak tempat.
-Anggota staf
individu mungkin tidak tahu bagaimana untuk benar mempertahankan file mereka.
-Kurangnya
keseragaman atau konsistensi.
-Rekaman mungkin
terlalu jauh dari staf untuk layanan yang memadai.
-Dapat mengakibatkan
peningkatan sistem pengarsipan pribadi.
-Membutuhkan
penuh-waktu staf.
-Mungkin memerlukan
investasi dalam peralatan pengajuan lebih efisien dan / atau otomatisasi.
|
DESENTRALISASI (TERSEBAR)
Salah satu di mana file berada di seluruh kantor, umumnya
pada stasiun kerja individu, dan biasanya dikendalikan oleh orang yang
menciptakan dan / atau menerima mereka.
KELEBIHAN
|
KEKURANGAN
|
-Catatan terletak dekat
staf menciptakan dan menggunakan mereka.
|
-Kebingungan juga dimana informasi dapat ditemukan,
terutama jika anggota staf tidak hadir.
-Dapat menghasilkan dokumentasi "terpecah" -
informasi yang berkaitan dengan topik yang sama atau subjek diajukan di
banyak tempat.
-Anggota staf individu mungkin tidak tahu bagaimana
untuk benar mempertahankan file mereka.
-Kurangnya keseragaman atau konsistensi.
|